Sunday, August 25, 2013

(UPDATED) Kaget banget, Lipstick baruku ternyata gak halal!!

UPDATE!!! Carmine red, dihalalkan MUI:
KLIK :http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2013/03/pewarna-kosmetik-carmine-red-dihalalkan.html

Salaaam, Qonitas...
 
...Terhenyak *jiah.

Serius, aku bener2 kaget. Baru aja sehari nulis blog tentang Beauty Halal, udah ada aja godaan iman. Hari ini aku baru tahu kalau salah satu pewarna kosmetik itu HARAM dipakai, dan aku menemukannya di salah satu lipstick yang baru aku beli *lemes.

Ceritanya gini...
Aku lagi searching tentang salah satu kosmetik merek luar, apakah halal atau enggak. Nah, nyasarlah aku ke situsnya Muslim Consumer Group di sini. 
Oh, ternyata ada banyak, lho merek2 kosmetik luar yang dipasarkan di indo yang boleh dipake. Nah, perhatianku tertuju pada pewarna natural yang bernama Cochineal red atau carmine acid yang telah dinyatakan HARAM. Pewarna itu biasanya ada di kosmetik berwarna merah, misal lipstick, blush-on, dll.

Nah, penasaran kan tuh aku. Apaan sih Cochineal Red? Terus, kodenya apaan kalo tertulis di ingredient?

Akhirnya, nyampelah ke Wikipedia tentang Conchineal Red. Ternyata pewarna natural tersebut berasal dari serangga. Nah, sedangkan dalam Islam, serangga itu kan haram bangkainya selain belalang.

Nih, yg namanya Cochineal:

Jijay abissss.... kebayang klo 'mejeretan'nya dia dioles ke bibir...



si cochineal itu hidup nempel di kaktus2. Nah, tuh dia yang ketutupan putih2, trus kalau dipencet keluar pigmen merah (darah???). Kasian si cochi... T__T


Trus, lanjut nyari kode warnanya, setelah aku telusuri, nama lain dari cohineal red/carmine red adalah:

  1. Crimson Lake
  2. Natural Red 4
  3. C.I. 75470
  4. E. 120
  5. E. 124
Nah, langsung dong ambil lipstick yang baru sekali2nya aku sweep. Ternyataaaa... Aaaaaa.....da.

Lipstik baru sekali pake T__T

Warna Kesukaanku

Ingredient. Lihat Panah Merah!!

Zoom... Ada Pewarna Carmine/CL 75470 T____T


Deg!

Langsung mikir ke lipstick2 aku yg lain. Ngeri kalau semuanya ada si carmine lagi... .

Cek ke lipstick brand luar lainnya... Eh, Alhamdulillah gak ada. Aku cek ingred yang lain, sisanya halal dan yg masybuh (yg sebaiknya juga dihindari, sih...)

Jadi?

Dengan tegas, aku gak akan pake lagi lisptick itu lagi. Mungkin bakalan aku buang, atau aku hibahin ke Sepupuku yang non-muslim.

Trus, aku stop pake produk Maybelline?

Jadi gini, menurut MCG kan Maybelline itu bebas dari bahan2 haram seperti unsur Babi, hewan lain dan alcohol, So boleh dipake,

TETAPI

Beberapa produknya yg mengandung carmine acid statusnya adalah Haram (kayak lipstick ku itu). Jadi, kembali lagi ke kewaspadaan kita terhadap ingredient yang tercantum.

Tapi, kalau menurutku: Lebih baik dijauhi sesuatu yg belum jelas. Meskipun aku sendiri belom bisa lepas sepenuhnya dari Maybelline terutama Mascaranya yg murah dan bagus itu. Tapi untunglah mascara gak pake pewarna haram. Tapi balik lagi ke prinsip semula, lebih baik, lebih aman, lebih tentram kalau udah betul2 resmi tersertifikasi halal. 

KESIMPULAN 
  1. Carmine red/sinonim adalah haram karena berasal dari bangkai serangga, sedangkan serangga adalah haram selain belalang.
  2. Maybelline Color Sensational #215 (Totally Toffee) adalah haram karena mengandung carmine red/CL 75470. --> Sebenarnya aku punya warna lain, yaitu #peachyscene, tetapi label ingredientnya udah ku buang, dan aku gak tahu apakah warna yg ini memiliki kandungan yg haram juga. Tapi untuk amannya, shade #peachyscene pun gak akan ku pakai lagi.
  3. Sebelum beli kosmetik merek apapun, periksa lagi label ingredientnya!! 
  4. NOTE: Dengan adanya informasi di atas, tidak memberi pernyataan kalau jenis make-up yang lain (bedak, dll) dari Maybelline itu haram, ya.... Statusnya bisa saja Masybuh atau Halal. 

SUMBER
  1. http://www.muslimconsumergroup.com/cosmetic.html
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Cochineal
  3. http://www.alahazrat.net/islam/e-numbers-listing-halal-o-haram-ingredients.php
  4. http://isithalal.blogspot.com/2009/02/e120-carmine-dye.html

Wa Allahu Alam.

Love, CQ

2 comments:

  1. Terima kasih infonya kak :) sangat membantu. Tadinya hampir banget beli yg itu tapi baca postingan kakak jadi ngga jadi hehe. Thanks berat :)

    ReplyDelete
  2. ya ampun... hampir semua kosmetik ku dari maybelline :(

    ReplyDelete