Wednesday, August 28, 2013

Informasi Lengkap Kosmetik Halal MUI Mei-Juni 2013 (Mustika Ratu, Red-A, Rivera, Freya dll.. Banyak deh ^^)

JURNAL HALAL LPPOM MUI MEI-JUNI 2013
Assalamualaikum, Qonitas! ^^
Sebenarnya telat banget ya bikinnya, soalnya Jurnal Halal LPPOM edisi Juli udah mau terbit. Gara2nya dapet jurnal ini pun telat (aku yg telat beli :P --> gak langganan langsung soalnya). Ditambah lagi, baru sempet baca kemarin, hehe....

Aku seneng baca Jurnal Halal edisi Mei-Juni soalnya membahas tentang kehalalan KOPI dan banyak informasi PERINCIAN produk kosmetik halal yang baru terbit sertifikatnya. Salah satunya tentang kehalalan Mustika Ratu (MR) yang pernah aku post beberapa waktu lalu. Tapi, di postingan tersebut kan aku emang belum dapet perincian produk2 MR apa aja yang udah dapet SH, karena aku dapat infonya cuma dari majalah PARAS edisi Juni.

Nah, sekarang aku infokan semua ya..... ^^ Btw, Yuk, disimak... 

SERTIFIKASI HALAL MUI PUSAT

1. MUSTIKA RATU
(sebelumnya pernah aku posting di sini)

Sumber: blogku
Kelompok produk MR yang insya Allah udah halal:
  • Semua Produk Jamu
  • Mustika Ratu Skincare
  • Mustika Ratu Make-up
  • Moor's Professional Make-up
  • Taman Sari Royal Heritage
  • Mustika Putri
  • Biocell
Biocell dan Mustika Putri udah halal juga
klik gambar untuk perbesar
Yup, tambahan dari postingan kehalalan MR sebelumnya, ternyata Alhamdulillah Mustika Putri dan Biocell masuk ke dalam kategori produk MR yang udah ber-SH.

Aku seneng banget Biocell udah dapet SH, soalnya aku pengguna skincare Biocell Sunflower (night gel, day gel dan eye gel). Awalnya, sempet ragu juga buat pake, soalnya mengandung beberapa bahan2 yang syubhat seperti Hyluronic Acid (pernah ku posting di sini).

2. FREYA

Sumber
Freya
Klik gambar untuk perbesar

Eumm... pasti banyak yang belum tahu nama kosmetik ini? Aku juga baru tahu akhir2 ini sih... hihi.

Singkatnya Freya ini satu grup sama Purbasari (merek lokal yang udah lebih dulu dapet SH). Aku juga kurang tahu persis seperti apa kualitas dan ragam produknya. Ditambah, kalau aku rada susah dapetinnya. Kalau pun mau cari harus ke toko2 kosmetik di ITC atau yang paling gampang order di LAZADA (tapi masih sedikit pilihannya).

3. RIVERA


sumber
Rivera
klik gambar untuk perbesar


Nah, untuk merek Rivera mungkin pecinta produk kosmetik lokal udah lebih familiar mendengar namanya. Dan udah lumayan banyak juga Beauty Blogger yang review produk2 mereka (bisa check di blog Racun Warna Warni atau blognya Putri). Aku sendiri belum pernah coba, namun kepengen juga nyoba beberapa produknya.

4. THERASKIN
 
sumber


Theraskin
klik gambar untuk perbesar
Merek ini aku udah tahu dari lama, tapi lagi2 belum pernah nyoba. Yang skincare addict, terutama yang wajahnya bermasalah dengan kusam dan keriput halus pasti pernah dengar merek ini, karena terkenal dengan home chemical peeling dengan AHA Glycolic Acid yang mencapai 70% sodara2!

Masalahnya, Theraskin ini masuk kategori kosmetik bebas lho alias bukan kategori obat atau kosmetik yang harus didapatkan lewat resep dokter. Dan setahuku, peraturan AHA dalam kosmetik itu dibagi 2. Pertama, AHA 1-10% bisa dijual bebas, sedangkan di atasnya hingga 70% hanya boleh didapatkan lewat penanganan seorang ahli, misalnya dokter Sp.KK. Pertanyaannya, apakah Theraskin memang menyalahi aturan perdagangan obat dan kosmetik di Indonesia? Entahlah, mungkin ada perkembangan regulasi kosmetik terbaru?? Pe-er buat MUI juga untuk selektif memberi label halal. Sebab halal itu tidak hanya bebas unsur babi dan alkohol khamr, melainkan tidak membahayakan/memiliki madharat yg lebih besar. ... -___-" FYI, GA 70% itu sangat asam bagi kulit! Ceroboh dalam menggunakannya, kulit malah bisa terbakar. Waspadalah!

Nah, yang 4 merek tadi adalah kosmetik yang baru mendapatkan SH. Ada juga informasi kosmetik yang sudah DIPERPANJANG SH-nya

Produk kosmetik  yang diperbaharui SH-nya (MUI Pusat)
klik gambar untuk perbesar
  1. PURBASARI
    Terkenal dengan lulurnya. Dan aku emang suka banget sama lulur dari Purbasari. Sekarang ini pake Purbasari Body Scrub yang seri Spa Aromatherapy. Selain Purbasari (skincare & bodycare), produk Purbasari lain seperti KANNA (footcare) dan NEWCELL juga sudah berSH..
  2. SARIAYU dan CARING COLOURS
    Nah ini gak usah diceritain lagi :P
  3. WARDAH
    Apalagi ini, LOL ><
  4. ZAHRA
    Merek ini se-grup sama Wardah, tapi gak tahu deh keberadaannya gimana. 
  5. CAMILLA COSMETICS
    Kepengen nyoba produknya,  tapi belinya harus lewat seller khusus gitu, semacam MLM.
  6. VITALIS
    Hmm, buat lulur ini jagoan aku pertama kali. Cuma karena lebih suka sama wanginya Purbasari Spa, akhirnya sampai sekarang pakai Purbasari deh ^^. Selain lulur, ada juga Body Scent (aku pakai yg biru, aroma musk), Body lotion dan deodorant.
  7. SUMBER AYU
    Ini merek lulur gitu, sering lihat di karfur. Tapi karena pekejingnya kurang menarik, aku gak tertarik juga buat beli, hehe...
  8. ENCHANTEUR
    Ini produk Malaysia yang udah lama beredar di Indonesia. Wanginya enak2 deh, ala2 jaman Victoria gitu...(emang pernah hidup jaman itu?? ><) Sebagian mungkin ada yang bilang kalau wanginya kuno, wangi nenek2 kita, haha... Tapi emang itu ciri khasnya. Sekarang Enchanteur udah menjelma dengan kemasan barunya. Sayang, aku lebih demen kemasan lamanya yang lebih terlihat 'old fashion'.
  9. IZZI
    Jadi inget jaman SMA... Dulu pake ini soalnya, hahahaha...

SERTIFIKASI HALAL MUI REGIONAL (JATIM)

Nah, tadi itu produk kosmetik yang mendapatkan SH langsung dari MUI Pusat, nah kalau yang dibawah ini dari MUI regional Jawa Timur. Yok simak... :)

1.VIVA COSMETICS

Sumber

Nah, ini sih udah pernah kubahas lengkap di postingan tersendiri. Tapi waktu itu aku dapet infonya dari akun Facebook nya Viva, bukan dari Jurnal ini.

2 RED-A

Sumber

Red-A ini brand kosmetik lokal yang satu produsen dengan Viva (PT. VITAPHARM). Ini sejenis kosmetik Viva-nya remaja, soalnya market nya emang usia2 abg gitu.

Viva, Viva Queen dan Red-A
klik gambar untuk perbesar

Nah, udah cuma dua itu aja yang baru dari MUI Jatim. Adapun produk kosmetik yang udah diperpanjang SH nya:
  1. INEZ
  2. La Tulipe
  3. LT PRO

Produk Kosmetik yang sudah diperbaharui (MUI Jatim)
klik gambar untuk perbesar

Sip, selesai sudah rangkuman produk kosmetik halal MUI terbaru versi Jurnal Halal LPPOM edis Mei-Juni. Alhamdulillah, udah banyak bangetttt kan yang halal?? ^^ Semoga informasi ini membantu yaaa.... :D

Wassalam
Love, BCQ


No comments:

Post a Comment