Saturday, September 7, 2013

Review Blush on Make Over # 06 dan Eyeliner Pencil Make Over #Blackjack (+Status kehalalan Makeover)

Eyeliner Pencil in Black Jack dan Blush On in Caribbean Sunset


Asslamualaikum, Qonitas... :D

Sekarang aku mau review dua produk dari Make Over yang lagi aku pake saat ini, yaitu:

1. Blush On Make Over in Caribbean Sunset #06
2. Eyeliner Pencil in Black Jack

Gak cuma review aja sebenarnya. Biasanya kalo aku review produk, aku juga suka ngobrolin hal lain yang masih berhubungan dengan apa yang diulas. Misalnya sekarang, sambil review blusher & eyeliner MO, sekalian juga deh deh omongin masalah blush on natural vs menorisme, masalah my hooded lids, sampe Kate Middleton dan Catherine Zeta Jones-pun juga kebawa2, haha.


Oke, dilanjut aja yuk bacanya... :)
BLUSH ON MAKE OVER (CARIBBEAN SUNSET)

Sebelumnya, aku pernah pakai blusher Make Over dengan shade Promicious Peach #03, tapi karena hilang akhirnya aku repurchase lagi tapi dengan warna yang berbeda. Lagian, aku udah puas banget sama  Blusher nya MO, soalnya selain kualitas blush nya bagus, packagingnya pun gak ringkih, sering banget jatuh tapi gak pecah dan engsel penutupnya gak gampang loose. Perfect!

KEMASAN
Untuk kemasan, aku kasih nilai tinggi. Soalnya selain bagus tampilannya, bodinya juga kokoh dan engselnya gak gampang longgar (ini kalau ku bandingkan dengan kemasan blush on merek lain dengan harga yang mirip)

WARNA
Aku kurang pandai menjelaskan campuran2 warna. Tapi kalau menurut mataku, warna Caribbean sunset ini didominasi warna peach dengan nusansa pink & brown. beda sama warna Promicious Peach, warna pinknya lebih dominan meski namanya 'peach' ^^;
 
TEKSTUR
Teksturnya powdery, tapi gak terlalu sih... meski butiran2nya kadang berceceran kalau pas di-sweep. Tapi karena teksturnya yang powdery; jadinya sangat gampang blend and build-nya! Mau natural oke, mau menor terserah! :D Pokoknya, it's so buildable!

STAYING POWER
Average. Seharian masih stay dengan manis tapi harus touch up sedikit.

HOW TO USE (Dan obrolan lainnya, LOL!)
Untuk pemakaian awal, aku lebih suka pake bluser brush khusus. Tapi lalau untuk touch up, pake brush bawaannya udah cukup.

Ini Brushnya... Not Bad la... Yang penting gak kasar & bikin sakit pipi.
Untuk cara pemakaian blush on itu sendiri, memang ada beberapa teknik yang disesuaikan sama macam2 bentuk wajah orang. Tapi Prinsipnya sama = blushing your apple cheek! Untuk lihat tonjolan applecheek kamu, pas pake blush on bisa dicoba dengan cara 'tersenyum' atau pasang 'muka bebek' :p
Kalau aku sendiri gak terlalu suka pake teknik yang bermacam2 itu. Aku lebih suka mengikuti prinsip dasar di atas, yaitu mewarnai tulang pipi dan tidak lupa untuk SENATURAL MUNGKIN.

Kenapa harus senatural mungkin? Salah satu MUA yang aku kenal dekat pernah bilang sama aku, "keberhasilan kamu pakai blusher, saat orang2 gak notice kalau pipimu itu diwarnai, tapi kamu tetep tahu kalo pipimu lagi segar merona karena blusher" Ya, maksud desye, Dont over do it!

Itu mungkin memang cuma berlaku untuk daily use, tapi untuk pemakaian malam hari dan special occassion pun, blush on yang natural juga tetep harus! Kalau pun mau menambahkannya, cuma boleh melebihkan sedikit dari penggunaan daily use.

Ya, kalau ku pikir2 betul juga temanku itu. Kalau ku lihat artis2 Hollywood cantik di red carpet, JARANG BUANGET yang blush on-nya kelihatan 'nemplok' plek di pipinya. Hampir semua sooo natural..

Dan coba deh inget2 lagi pas Royal Weddingnya Kate Middleton? The Ducheess of Cambridge yang senyumnya sangat amat manis dan applecheeknya begitu bagus, tetep pake blush on yang sangat natural di hari pernikahannya.
sooo beautiful!! ><

Anne Hathaway di Oscar 2013. Salah satu aktris dengan best dressed di acara itu menurut Vogue dan... rona pipinya memang cantik, begitu alami....
Kenapa  aku menekankan penggunaan blusher yang natural ???

Pertama, yang natural akan selalu tampak paling cantik  

Kedua, masih sering ku lihat muslimah (terutama yg berhijab) yang terlalu over meronai pipinya. Gak cuma orang biasa aja yang kadang terlalu berlebih menambahkan blush-on, publik figur kita yg ngartis juga banyak yang begitu. Itu mereka, ya... yang katanya kebanyakan udah lihai dandan sendiri. Ya, sebenanya gak banyak2 amat publik figur kita yang seperti itu, tapi ada lah beberapa, ga usah sebut nama, khehehe...

Ketiga, pengingat buat aku untuk hati2 menggunakan blusher agar tidak terlalu mencolok! Malu juga kan, udah cuap2 ngasih tahu ke orang, trus akunya sendiri gak belajar buat coba yang terbaik? Bagi aku, yang blush yg sheer tetep paling woke! ^^

SWATCH & HASIL
2x sweep

on my cheek
Score:
Note: Beli lagi kalo udah habis :p 

MAKE OVER EYELINER PENCIL  IN BLACK JACK

Eyeliner pencil ini termasuk produk Makeover yang banyak di-rave orang. Setelah aku coba... Woww bagusnya!

KEMASAN
Eum, mirip2 la dengan eyeliner pencil lainnya. Oiya, kayunya lembut dan mudah diserut.

Udah diserut 2 kali

Oiya, katanya ada beberapa yang gak sukses nyerut si Eyeliner MO. Ada yang bilang malah patah2 pensilnya, dsb. Hmm, kalau aku sendiri  ada kendala tuh. Semua lancar2 aja... Mungkin itu back to quality of the sharpener.

TEKSTUR
Tekturnya ini lunak, sangat CREAMY! Buat yang belum biasa pakai eyeliner tipe lunak seperti gel dan liquid mungkin harus sedikit membiasakan diri dulu.. :)

STAYING POWER
Amazing! 6 jam, no bleber...Yup, ini smudgeproof!

HOW TO USE
Pakai eyeliner itu banyak caranya. Biasanya di line kelopak mata.

Dan gak cuma di garis kelopak mata atas dan bawah, Eyeliner juga bisa jadi eyeshadow ala smokey eyes versi gampang dan simpel. Caranya: Pakai eyeliner di garis kelopak mata atas, trus langsung di baur pake smodge brush! Klo nge-blendnya udah jago, hasilnya bagus... Tapi cara ini kayaknya gak bisa dilakukan buat eyeliner pencil MO, karena sangat smudgeproof! Cepet banget keringnya pula!

Bentuknya juga bisa macam, tapi paling sering bentuk Rimmed Eyeliner dan Cateyes Eyeliner. Rimmed itu yang lurus2 aja, kalo cateyes ya seperti namanya, bentuk mata kucing.

Kalau aku sendiri, lebih sering pakai bentuk Rimmed. Kenapa? Sebab, bentuk kelopak mataku ini emang rada tricky kalau dipakein eyemake-up semacam eyeliner atau eyeshadow, soalnya bentuk kelopakku ini HOODED LIDS!

FYI, konon seorang MUA itu harus paham betul bentuk2 kelopak mata. Karena kelopak mata itu banyak macamnya! Gak cuma single dan double aja... Dan bentuknya itu mempengaruhi cara aplikasi eyemakeup yang paling cocok buat si empunya mata, termasuk si hooded lids.

Ini beberapa contohnya:





Nah, Hooded Lids itu banyak dimiliki sama orang2 Asia sebenarnya, tapi bentuk dari Hooded Lids ini terbagi dari beberapa varian juga. Ada yang begini ada yang begitu, aku gak ngerti juga. Cuma MUA aja kayaknya yang paham betul. Kalau mataku, saat terbuka lebar maka 'crease' dari kelopak mataku ini tertutup sama kulit di atas kelopaknya.

Bisa bayanginya ga, ya? Hehe.

Hmm... Coba bayangin Blake Lively sama Catherine Zeta Jones, meski sama sekali gak mirip #LOL, doi punya lids yang setipe sama aku, Hooded lids...

Jadi, kalau ada yang pernah coba2 suatu tutorial eyemake-up trus gak sesuai dengan hasilnya... itu berarti (mungkin) bentuk matamu beda dengan bentuk mata orang yang memberi tutorial. 

SWATCH & HASILNYA

Ini 1x gores aja, lho!!

Rimmed Eyeline
Score:
Note: Kekurangannya, ini kayaknya cepat habis. Baru beberapa kali pake harus diserut2 lagi dan mudah tumpul karena sifat dari teksturnya itu.

APAKAH PRODUK INI HALAL???

Make Over memang satu produsen dengan Wardah, tapi di kemasannya tidak tercantum label halal.

Setelah cari di portal MUI, yang ada sertifikasinya ternyata  baru Loose Powdernya aja. Sumber:

Terus, setelah searchin, ternyata ada blogger Lialiciouzz yang juga concern dengan kosmetik halal yang bertanya langsung ke Make Over Cosmetics melalui surel, Kemudian, blogger tersebut mendapatkan balasan, kalau bahan2 dasar dari MO telah mendapat sertifikasi halal MUI.

Ini Screenshotnya (Terimakasih untuk Lia Aqeela).. Sumber


Klik gambar untuk Zoom
Alhamdulillah kalau begitu. Sebenarnya, waktu itu aku juga pernah nanya sama BA nya Make Over Central Park. Katanya, sertifikasi halal MUI memang sudah diajukan, tapi belum dapat karena 'ngantri' nya panjang, soalnya ternyata kosmetik yang mengajukan sertifikasi halal sudah mulai banyak! Wah, apaan aja tuh ya?  Hihihi... ^^

Aku harap semakin banyak ya kosme2 halal di Indonesia. Semoga saja... 

Wa Allahu Alam

Love, CQ

No comments:

Post a Comment